Gubernur Babel Perketat Ketentuan Ekspor Timah

Gubernur Babel Perketat Ketentuan Ekspor Timah

1598
0
BAGIKAN
Ilustrasi pertambangan timah (istimewa)

Gerak-an.com – Pangkalpinang, Pemberlakuan Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 33 Tahun 2015 tentang ketentuan ekspor timah di wilayah Bangka Belitung mendapat pertentangan dari pelaku usaha timah. Namun Gubernur Bangka Belitung, Rustam Effendi mengatakan bahwa pengusaha timah harus mempelajari dengan main atas pemerdag itu sebelum menolaknya.

“ Mereka sepertinya belum memahami dan mempelajari Permendag Nomor 33 itu, harusnya dengan Permendag itu kita semua dapat saling menguntungkan karena kulitas timah kita akan terjaga,” ujarnya saat ditemui di Rumah Dinas Gubernur Bangka Belitung, Rabu siang (5/8) tadi. Rustam juga menambahkan pelaku usaha timah harus mengikuti peraturan yang sudah ditetapkan dan harus bekerjasama.

Di tempat yang sama, Dedi Irwan selaku Kepala Operasi wilayah Bangka Belitung PT. Surveyor Indonesia menyatakan bahwa ditunjuk oleh pemerintah pusat sebagai tim verifikasi. “ PT. Surveyor Indonesia bersama pemerintah daerah ditunjuk oleh pemerintah guna melakukan verifikator legalitas timah yang akan di ekspor oleh pelaku usaha timah”, ujar Dedi.

Ia juga mengatakan bahwa tidak semua perusahaan timah yang memiliki izin untuk melakukan ekspor timah ke berbagai wilayah. ”Di Babel, hanya 3 perusahaan yang dapat diverifikasi dari total 41 Eksportir yang terdaftar,” tambahnya.

Diharapkan dengan adanya Permendag Nomor 33 Tahun 2015 ini dapat mengurangi kecurangan maupun pelanggaran pertambangan timah di wilayah Bangka Belitung.(RR)

BAGIKAN

BELUM ADA KOMENTAR

Berikan Komentar Anda