Takpala Yang Terlupakan Pembangunan

Takpala Yang Terlupakan Pembangunan

251
0
BAGIKAN

Gerak-an.com, Takpala, Salah satu destinasi wisata kebudayaan unggul yang dimiliki Kab. Alor tepatnya didusun II Desa Lembur Barat Kec. Alor Tengah Utara (ATU) adalah Desa tradisonal Takpala dengan Suku Abui sebagai suku asli didalamnya. Saat ini Desa tradisional Takpala masih terjaga dalam hal Budaya dan Alam akan tetapi terkait dengan akses jalan menuju Desa Tradisional Takpala dapat dikatakan tidak layak bagi wisatawan yang ingin menuju destinasi wisata budaya tersebut.
FPOWT (Forum Pemerhati Objek Wisata Takpala) yang dikoordinatorkan oleh Daniel Lanma mengundang para pencari berita ke Desa Tradisional Takpala untuk duduk bersama makan jagung katema dan menikmati keindahan Takpala dengam Suku Abuinya.
meskipun Takpala adalah destinasi penting dibidang wisata tetapi tidak terperhatikan oleh pemerintah daerah dengan baik tutur Daniel Lanma dengan emosional tingginya karena merasa sedih dengan keadaan Takpala saat ini.
“Kamu Sanjung-sanjung Takpala, terus Expos Ke mana mana. Datang tidur di Takpala tapi Jalan Saja Tidak Bisa Perhatikan. Tutup itu Expo alor Saja kalo Jalan Takpala saja tidak Bisa perbaiki. Janji penuh mulut tapi Nol. Stop tipu tipu Kami orang KampungLa” ungkap Koor FPOWT.

Suasana Desa Taklala
Suasana Desa Taklala

Berdasarkan temuan wartawan Gerak-an.com dilapangan, memang keaslian dan budaya yang ada di desa tradisional Takpala terjaga dengan baik tetapi kurang adanya perhatian lebih dari Pemda setempat dengan tidak adanya perbaikan dan pengadaan infrastruktur dalam mendukung objel wisata Takpala.
sebelumnya, peneliti riset untuk jenjang S3 bahasa abui dari yunani George yang telah tiga tahun melakukan penelitian di Takpala menuturkan terdapat tiga aspek yang kurang diperhatikan pemerintah atas keberadaan Desa tradisional Takpala yakni; permasalahan sampah, akses jalan dan pendidikan untuk anak-anak suku abui.
selain itu, “Kan takpala punya Kontribusi juga buat pembangunan di Daerah dan sudah mendunia mengharumkan nama Alor di Mana-mana harapan kami pemda tolong perhatikan Fasilitas pendukung Obyek Wisata ini., Kasian Pemda seperti Tutup mata dengan obyek wisata takpala ini ada apa..?”
lanjut harapan FPOWT “kami belum puas karna belum terpenuhinya faktor-faktor penunjang. Besar Harapan kami Dinas Pariwisata Alor juga jangan hanya urus tidur di jantung kota saja ko jalan2 liat Pariwisata di pelosok Alor.. apa yang musti di perbaiki apa yang musti di Tingkatkan lagi, kami melihat Dinas Pariwisata juga Lagi Tutup Mata dgn Keadaan ini. tegas harapan dari FPOWT yang didukung oleh Mama Alpesina dan Artams kamoifani. (jk/abd)

BAGIKAN

BELUM ADA KOMENTAR

Berikan Komentar Anda