Alek Pekan Budaya Limapuluh Kota 2017 Akan Digelar Sabtu Ini

Alek Pekan Budaya Limapuluh Kota 2017 Akan Digelar Sabtu Ini

147
0
BAGIKAN
Suasana persiapan beberapa stand Pekan Budaya Kabupaten Limapuluh Kota 2017, di kawasan komplek kantor bupati kawasan, Bukik Limau Sarilamak

Gerak-an.com, Limapuluh Kota — Perhelatan Pekan Budaya bertema “Lestarikan Budaya untuk Jati Diri Bangsa” dalam rangka memperingati hari jadi Kabupaten Limapuluh Kota ke-176 dipastikan mulai dibuka, Sabtu (22/4). Dinas Pendidikan dan kebudayaan mengklaim sejak jauh hari telah mematangkan persiapan untuk menarik minat masyarakat.

Kabid Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Limapuluh Kota, Hidwan Reta memastikan, persiapan alek nagari Pekan Budaya, hingga Jumat (21/4) sudah mencapai 90 persen. Berbagai agenda kegiatan mulai dari olahraga, pentas seni dan budaya sudah dikemas untuk memperkenalkan segala potensi-potensi wisata daerah.

Ia menaksir acara pekan akbar yang terpusat di areal kantor bupati kawasan Bukiklimau, Sarilamak, Kecamatan Harau ini akan diikuti lebih dari 20 ribu pengunjung. “Disana nanti kita juga akan memperkenalkan banyak pameran produk lokal asli daerah,” kata Hidwan Reta, di kantor bupati.

Alek Pekan Budaya tahun 2017 ini ditaksir bakal lebih meriah dibanding tahun sebelumnya. Sebab, pagelaran budaya pada tahun ini tidak hanya dipelopori oleh Pemkab, tetapi juga melibatkan BUMN. Diantaranya, Bank BPD Nagari, BRI, hingga BPR Harau.

Berbagai pergelaran seni budaya daerah dan luar daerah juga akan mengisi ajang pekan budaya yang dimulai sejak tanggal 22 hingga ditutup 27 April 2017 ini. Mulai dari Pawai Budaya (pembukaan), festifal randai, lomba lagu pop Minang hingga lomba baju kuruang basiba.

Kemudian, lomba kasidah tingkat remaja dan dewasa serta lomba tari Minang tingkat SLTP dan SMA. “Selain kesenian daerah Minang, kita juga akan menampilkan kesenian Jawa, yakni Reot Ponorogo dari komunitas kesenian Purwajaya, Tanjung Pati,” tutur Hidwan didampingi Kabag Humas Setkab, H Joni Amir.

Sebanyak 35 stand budaya, katanya, juga sudah disiapkan memenuhi komplek kantor bupati. Stand ini nantinya akan diisi oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) serta stand promosi. Untuk stand OPD, lanjutnya, tercatat sebanyak 23 stand. Adapun sisanya akan diisi oleh stand promosi.

Disbud mengaku optimis, pekan budaya kali ini bakal menggenjot sektor pariwisata, budaya dan industri daerah. Seluruh instansi pemerintah, mulai dari OPD, pemerintah nagari se-Kecamatan Harau, komunitas seni-budaya, hingga sekolah-sekolah turut dilibatkan dalam pesta akbar anak nagari ini.

“Selain itu, kita juga sudah mengundang para seniman dan budayawan Minang. Untuk pembukaan dimulai Sabtu, pukul 14.00 WIB. Kita sudah mengundang Bapak Gubernur Sumbar Irwan Prayitno, Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi, juga kita undang,” sebutnya.

Ia berharap, pergelaran seni budaya berlangsung hingga 27 April mendatang bakal mendatangkan income bagi para pelaku usaha lokal, atas berbagai promosi produk di acara Pekan Budaya. “Sesuai visi-misi Pak Irfendi Arbi-Ferizal Ridwan, setiap program pemerintah harus bersangkutan dengan upaya peningkatan ekonomi masyarakat,” tukas Hidwan. (rep)

BELUM ADA KOMENTAR

Berikan Komentar Anda