Buka Puasa Bersama, Warga Mendapat Kartu Indonesia Sehat

Buka Puasa Bersama, Warga Mendapat Kartu Indonesia Sehat

143
0
BAGIKAN

Gerak-an.com, Ruteng – Wakil Bupati Manggarai Drs. Victor Madur dan jajaranya buka puasa bersama dengan umat muslim yang ada di Kecamatan Satar Mese dan Satar Mese Barat.

Acara buka puasa bersama tersebut, berlangsung di Dintor Desa Satar Lenda Kecamatan Satar Mese Kabupaten Manggarai, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Sabtu (17/06/17).

Turut hadir diacara yang berlangsung penuh persaudaraan tersebut Filomena Jemimit Wakil Ketua PKK Kabupaten Manggarai, Para Asisten, Pimpinan OPD lingkup Pemda Manggarai, Forkopim Kecamatan Satar Mese, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Agama.

Wakil Bupati Madur dalam sambutanya, mengharapkan bagi semua umat muslim yang sedang menjalankan ibadah puasa, agar menjalankan puasa tersebut secara menyeluruh, baik lahir maupun batin.

“Dalam hal berpuasa hendaknya dilakukan secara menyeluruh, baik lahir maupun batin” Ujar Madur.

Madur menuturkan setiap agama memiliki ajaran sesuai dengan  Pancasila yang bersarang pada sila pertama, sehingga dengan demikian puasa sangat penting dimaknai dalam kerangka Pancasila.

Ibadah bulan Ramadhan, Lanjut Madur merupakan salah satu amalan seorang muslim yang selaras. Pancasila dan UUD 1945 memerintahkan agar setiap pemeluk agama memegang teguh agama dan melaksanakan sesuai dengan ajaranya.

Madur  menilai peningkatan keimanan melalui Puasa Ramadhan merupakan cermin seorang pribadi yang bermoral Pancasila.

Madur menyebutkan Nilai Puasa seyogyanya mampu memupuk rasa solidaritas dan empati kita kepada masyarakat yang tidak punya atau tak berkecukupan.

“Bagi mereka rasa lapar yang muncul pada bulan Ramadan ini merupakan keseharian yang mereka hadapi dalam 11 bulan sebelumnya” tambah Madur.

Sosok Pria yang terkenal sederhana itu, mengharapkan agar acara buka puasa bersama dipertahankan. sebab acara tersebut menjadi kesempatan pemerintah untuk bersilahturahmi kepada masyarakat.

Pantauan Media Gerak-an.com setelah acara buka puasa bersama selesai, Madur kemudian menyerahkan beberapa Kartu Indonesia Sehat kepada warga.

Kepada warga penerima Kartu Indonesia Sehat (KIS), Madur meminta kartu tersebut dibawa ke Puskesmas ketika sakit untuk mendapat pelayanan gratis dari pihak medis.

“Ketika anda sakit, untuk dapat pelayanan gratis dari pihak medis, anda perlu bawa kartu tersebut” pungkas Madur. (HS)

BAGIKAN

BELUM ADA KOMENTAR

Berikan Komentar Anda