Marselis Sarimin : Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan Sangat Penting Bagi Masyarakat

Marselis Sarimin : Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan Sangat Penting Bagi Masyarakat

291
0
BAGIKAN

Gerak-an.com, Ruteng – Minimnya tingkat pemahaman masyarakat terhadap 4 pilar kebangsaan dapat mempengaruhi munculnya berbagai konflik di tengah kehidupan masyarakat itu sendiri. Hal tersebut disampaikan AKBP Drs. Marselis Sarimin Karong, M,Pd pada saat penyampaian materi bertema Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan, Sabtu (5/8/17).

Mantan Kapolres Puncak Jaya itu menyebutkan pemahaman masyarakat tentang 4 pilar kebangsaan yaitu Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI yang kurang, tergantung taraf pendidikan.

Misalnya lanjut bapak dari 3 putri itu, masyarakat berpendidikan, tentu menanggapi suatu persoalan secara rasional, sedangkan masyarakat yang tidak berpendidikan cenderung menanggapi persoalan secara emosional.

Isu tentang munculnya kelompok tertentu yang hendak menggantikan Pancasila sebagai Dasar Negara adalah salah satu contoh dimana masyarakat tidak memahami apa itu Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika.

Konteks kehidupan masyarakat NTT lanjut Marselis, masalah perbatasan antara kabupaten adalah bagian dari ketidakpahaman masyarakat arti dari Bhineka Tunggal Ika

Antara masyarakat Manggarai Raya dengan Masyarakat Ngada yang sudah lama terlarut dalam masalah perbatasan, pada hal kalau mereka sadari bahwa semua kita yang ada di NTT hidup dibawa satu payung yaitu NKRI dan Pancasila sebagai dasar Negaranya. Untuk itu, Sosialisasi 4 Pilar kebangsaan harus mencakupi seluruh elemen masyarakat.

Semakin masyarakat paham apa itu 4 pilar kebangsaan, maka rasa cinta terhadap NKRI semakin tinggi, dan dengan sendiri konflik pasti bisa berkurang. (HS)

BAGIKAN

BELUM ADA KOMENTAR

Berikan Komentar Anda