Mahasiswa Universitas Lampung Temukan Solusi untuk Membantu Pemecahan Masalah Anak Usia Dini

Mahasiswa Universitas Lampung Temukan Solusi untuk Membantu Pemecahan Masalah Anak Usia Dini

569
0
BAGIKAN

Gerak-an.com, Prov. Lampung – Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya, namun pahlawan bukanlah orang yang lahir dalam sekejap mata, ia adalah seseorang yang dididik dan ditempa sejak usia dini sampai ia dewasa. Bagi kami, menyayangi anak Indonesia merupakan suatu keharusan dan kebanggaan sendiri. Cara menyayangi anak-anak Indonesia berbeda tapi bagi kami pendidikan merupakan hal yang utama.

Pendidikan yang baik adalah pendidikan yang menekankan pada pengembangan kemampuan berpikir (high order thinking, bersikap dan bertindak. Salah satu poin penting dari high order thinking merupakan pemecahan masalah. Indonesia juga merupakan negara yang menempati peringkat ke 44 dari 47 negara dalam hal pemecahan masalah, data ini merupakan hasil riset TIMSS and PIRLS 2015.

PENELITI CILIK merupakan Program Kreatifitas Mahasiswa yang memberikan kontribusi konkret untuk mendidik anak-anak Indonesia sejak dini dan terkhusus untuk anak kota Bandarlampung dalam hal pemecahan masalah. Dengan penelitian yang kami lakukan, anak dapat memanfaatkan kelima panca inderanya untuk memecahkan masalah. inovasi terbaru TIM Program Kreativas Mahasiswa FKIP menawarkan kebaharuan lewat ranah penelitian pendidikan anak usia dini dengan mengusung “Peneliti Cilik”. Peneliti Cilik  (Pengaruh Pembelajaran Berbasis Pendekatan Ilmiah terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Anak Usia Dini) memberikan solusi konkret lewat pembelajaran induktif untuk pengembangan kemampuan pemecahan masalah anak usia dini. Hal ini dilatarbelakangi oleh tidak tepatnya fokus pembelajaran AUD yang hanya mengedepankan penguasaan anak untuk bisa membaca, menulis dan berhitung saja tanpa mempertimbangkan pembiasaan untuk memecahkan masalah dengan dibumbui penanaman moral sejak dini.

Penelitian ini dilakukan di TK Al-Kautsar Bandar Lampung, pada bulan maret-april 2017. Sasaran dari program ini ialah anak 5-6 Tahun sebagai sample utama penelitian. Program ini diusung oleh Chintia Eka Putri dan Desi Rahmawati (PG PAUD), Dani Windarto (Bimbingan dan Konseling) dan Linda Novita Sari (Pendidikan Ekonomi).

Dr. Een Y Haenilah selaku dosen Pembimbing berharap agar program ini mampu diaplikasikan dalam pendidikan anak usia dini. Sehingga paradigma Pembelajaran Calistung yang viral di PAUD dapat berubah menjadi pembelajaran Scientific Approach  yang syarat akan bermain dan menyenangkan bagi anak.

BAGIKAN

BELUM ADA KOMENTAR

Berikan Komentar Anda