Aku Berdaya, Program Dalam Membangun Bangsa

Aku Berdaya, Program Dalam Membangun Bangsa

165
0
BAGIKAN

Gerak-an.com, Ruteng – Aku Berdaya! Project adalah sebuah inisiatif dua perempuan muda berbeda profesi dan latar belakang yang memiliki perhatian khusus terhadap isu anak dan anak muda. Aghnia Jolanda Putri dan Rani Hastari, dua inisiator program ini, memiliki misi untuk meningkatkan kesadaran dan mendorong pemenuhan hak-hak anak, khususnya perlindungan anak dan pendidikan yang diharapkan mampu membangun generasi yang berdaya.

Aku Berdaya! adalah program yang diinisiasi pertama kali di Indonesia Timur, khususnya wilayah Ruteng. Aghni dan Rani memiliki misi agar anak-anak terpenuhi hak-haknya, terbebas dari segala bentuk kekerasan, dan mampu berdaya; agar anak-anak Indonesia, khususnya Ruteng, mampu memaksimalkan potensinya. Selain itu, program ini juga mengemukakan bahwa agar segala permasalahan terkait anak dapat disikapi secara positif sehingga anak-anak memiliki kesempatan untuk berkembang, membangun optimisme, meraih impian, menyebarkan semangat dan pesan positif, serta bersama-sama menciptakan perubahan.

Dalam profesinya sebagai seorang dokter di Ruteng, Aghni melihat potensi kemampuan seni dan budaya yang besar pada anak-anak di Ruteng. Oleh karena itu, pelaksanaan kegiatan ini turut melibatkan kesenian sebagai upaya untuk menciptakan ruang bagi anak-anak Ruteng dalam menyalurkan dan mengekspresikan pikiran, perasaan, keresahan, harapan, serta dalam pemberian materi. Hal ini akan menjadi kesempatan yang baik pula untuk membangun semangat dan membentuk karakter anak, serta mendorong mereka untuk terus berkarya dan berinovasi.

Tentu saja perlu adanya kolaborasi dari berbagai pihak untuk mewujudkan misi ini. Terpenuhinya hak-hak anak merupakan tanggung jawab bersama antara pemerintah, sekolah, orangtua, masyarakat, dan sebagainya. Rangkaian program ini dilakukan di SMP Negeri 1 Langke Rembong, bekerja sama dengan Komunitas Sastra Hujan, dan didukung oleh Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Manggarai.

Rangkaian utama program Aku Berdaya! Project ini berlangsung selama tiga hari di SMP Negeri 1 Langke Rembong, Ruteng, pada tanggal 8-10 Agustus 2017. SMP ini merupakan satu-satunya SMP yang terpilih sebagai sekolah rujukan di Ruteng dan memiliki program Pendidikan Keluarga sehingga menjadi pilihan yang tepat untuk bersama-sama melaksanakan program. Di masa mendatang, diharapkan sekolah ini dapat menjadi contoh bagi sekolah lainnya di Ruteng serta meneruskan program perlindungan anak ini ke sekolah-sekolah lainnya atau lingkungan yang lebih luas dengan dukungan dan kerja sama berbagai pihak terkait.

Selama tiga hari ini, ada 120 murid yang mengikuti seluruh kegiatan di SMP Negeri 1 Langke Rembong. Mereka mendapatkan materi, berdiskusi, mengisi kuisioner menonton fillm, serta menyalurkan pengetahuan dan ekspresi mereka melalui seni (puisi, prosa, sketsa, orasi, dan mural). Para peserta bersama-sama terlibat dan aktif untuk memahami hak-hak anak, pendidikan kesehatan reproduksi, isu terkait kekerasan dalam pacaran, pencegahan perundungan dan kekerasan seksual, serta semangat keberagaman sebagai anak Indonesia. Dalam setiap sesi, mereka didampingi oleh para guru dan juga disaksikan oleh perwakilan dari Dinas P2KBP3A, serta difasilitatori oleh Komunitas Sastra Hujan.

Selain itu, pada acara puncak, seluruh pihak terkait bersama-sama mengingat kembali materi yang telah diikuti, serta menonton hasil karya para anak selama kegiatan berlangsung. Acara puncak ini menjadi kesempatan yang baik untuk membangun kepercayaan, komunikasi, dan dukungan antara anak, orangtua, sekolah, dan pemerintah. Anak-anak pun secara bebas mengungkapkan pikiran, perasaan, tantangan, harapan, impian, serta menunjukkan bakat dan minat mereka di hadapan para undangan.

Acara puncak Aku Berdaya! Project pada tanggal 10 Agustus 2017 ini juga untuk menunjukkan komitmen para pihak terkait agar program ini dapat berkelanjutan. Oleh karena itu, diresmikanlah Kelompok Anak Aku Berdaya! sebagai sebuah kumpulan bagi 32 anak yang turut peduli dan berusaha menggerakkan program-program terkait hak dan perlindungan anak. Hal ini juga ditandai dengan Deklarasi Anak Kelompok Aku Berdaya. Untuk langkah ke depan, mereka akan menjalankan misi untuk berbagi kebaikan, ilmu, dan bersama-sama menciptakan dunia yang lebih baik.

Selanjutnya, pada tanggal 11 Agustus 2017, Aghni dan Rani juga melakukan sosialisasi terkait hak anak dan pencegahan kekerasan seksual di SDK 1 Ruteng. Selama dua minggu sejak awal Agustus 2017, kami melakukan upaya kerja sama dan diskusi dengan berbagai pihak terkait untuk bersama-sama mewujudkan seluruh program selama di Ruteng ini, serta upaya advokasi.

Aku Berdaya Project! ini diharapkan mampu menjadi jembatan bagi program-program anak lainnya di Indonesia. Aku Berdaya! juga bermaksud melakukan penelitian dan mendampingi program yang telah berjalan. Semoga di kesempatan berikutnya, Aku Berdaya! dapat mewujudkan dan memaksimalkan program ini di wilayah-wilayah lain di Indonesia.

BAGIKAN

BELUM ADA KOMENTAR

Berikan Komentar Anda