Tingkatkan Hasil Pertanian, Camat Cibal Barat Luncurkan Program Jajar Legowo 4.1

Tingkatkan Hasil Pertanian, Camat Cibal Barat Luncurkan Program Jajar Legowo 4.1

1714
1
BAGIKAN

Gerak-an.com, Ruteng – Dalam rangka meningkatkan hasil pertanian di Kecamatan Cibal Barat, Kabupaten Manggarai, Provinsi NTT,  Dinas Pertanian Kabupaten Manggarai bersama Karolus Mance Camat Ciba Barat meluncurkan Program Jajar Legowo 4.1

Hal tersebut disampaikan oleh Bapak 4 anak itu kepada Gerak-an. com di Ruteng pada Jumat 15/9/17

Mance menjelaskan, diluncurkannya Program Jajar Legowo 4.1 ini bertujuan untuk meningkatkan hasil produksi juga sebagai wadah bagi petani untuk belajar sistem pertanian modern.

“Program ini diluncurkan dengan tujuan meningkatkan hasil produksi pertanian dan sebagai wadah bagi petani untuk belajar sistem pertanian modern” Ujarnya.

Mantan Camat Insana itu membandingkan hasil produksi pertanian sebelum program tersebut diluncurkan, dimana dengan sistem pertanian tradisional masyarakat tidak mendapatkan hasil yang cukup apalagi memuaskan.

Tetapi dengan munculnya program Jajar Legowo 4.1 itu petani mampu mendongkrak hasil produksi yang luar biasa, bahkan dengan luas lahan 1 hektar petani mampu memproduksi padi sebanyak 5 ton dibandingkan sebelumnya yang hanya menghasilkan kurang lebih 3 ton.

Keunggulan lain dari program yang diluncurkan pada tahun 2017 tersebut Ujar Bapak 4 anak itu, berdampak pada penghematan dari segi biaya. Adapun untuk 1 hektar lahan sawah petani cukup menyiapkan 1 karung pupuk jenis NPK dan 1 Karung pupuk jenis Urea.

Kehadiran program itu ditanggapi dengan rasa antusiasme yang tinggi dari masyarakat. Mereka secara umumnya siap untuk menerapkan program tersebut.

Hasil dari program itu lanjutnya telah dinikmati oleh kelompok Tani Wae Nara yang ada di Desa Wae Renca, dimana mereka memproduksi pertanian dengan jumlah 5 ton per hektare.

Camat yang terkenal dengan jiwa pekerja itu, juga telah mengagendakan pada tahun 2018, Program Jajar Legowo 4.1 akan diterapkan secara universal bagi petani yang ada di wilayah pimpinannya. (HS)

BAGIKAN

1 KOMENTAR

Berikan Komentar Anda