KPUD Sumba Barat Daya Launching Tahapan Pilkada Serentak Tahun 2018

KPUD Sumba Barat Daya Launching Tahapan Pilkada Serentak Tahun 2018

1136
0
BAGIKAN
Ketua KPUD Sumba Barat Daya, Mikael Bulu saat memukul gong sebagai tanda dimulainya Tahapan Pilkada Serentak Tahun 2018

Gerak-an.com, Sumba Barat Daya – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Sumba Barat Daya melaksanakan Launching Tahapan Pilkada Serentak Tahun 2018 di Lapangan Galatama, pada Senin sore (9/10/2017).
Selain jajaran KPUD Sumba Barat Daya, acara tersebut juga dihadiri oleh Komisioner KPUD Provinsi NTT Thomas Duhu, Bupati Sumba Barat Daya Markus Dairo Talu, Kapolsek Loura Kompol Samuel Simbolon, Danramil 1613/02 Laratama Kapten Mulyono, para perwakilan parpol serta masyarakat.
Dalam kesempatan tersebut, Sekretaris KPUD Sumba Barat Daya, Simon Bili Dapawando menjelaskan bahwa pemilihan umum adalah salah satu wujud kedaulatan rakyat yang disalurkan melalui hak pilih oleh masyarakat. Hak pilih masyarakat tersebut, lanjutnya, dilindungi dalam Undang – Undang Dasar 1945 serta undang – undang operasional lainnya.
Simon juga menjelaskan bahwa dalam pelaksanaan pemilu terdapat tahapan dan jadwal yang sudah disusun untuk menjadi pedoman penyelenggaraan kegiatan.
“Berkaitan dengan hal tersebut maka dirasa perlu untuk dipublikasikan ke masyarakat Sumba Barat Daya melalui kegiatan launching ini, agar mereka dapat mengetahui bahwa sudah saatnya mempersiapkan diri menghadapi pesta demokrasi dalam memilih pemimpin 5 tahun ke depan,” jelasnya.
Sebelum pelaksanaan kegiatan Launching Tahapan Pilkada ini, KPUD Sumba Barat Daya telah membuat lagu Mars Pilkada Sumba Barat Daya yang diciptakan oleh Duarte Sando Novena. Mars Pilkada ini kemudian dijadikan lagu wajib dalam lomba paduan suara yang dimenangkan Paduan Suara Tambolaka Voice untuk kategori umum dan Paduan Suara SMK N II Wewewa Barat untuk kategori pelajar.
“Selain lomba paduan suara, kami juga menyelenggarakan lomba cipta maskot pilkada yang kemudian diperoleh maskot dengan nama Ole Urra Ole Dewa ciptaan Bapak Cristofel Horo,” ucap Simon.
Sementara itu Ketua DPC Partai Bulan Bintang (PBB), Oktavianus Dappa Talu yang turut hadir, menyambut positif kegiatan Launching Tahapan Pilkada Serentak sebagai jawaban atas kekhawatiran masyarakat selama ini.
“Kita sangat setuju sudah ada kejelasan akan pelaksanaan pilkada di Sumba Barat Daya, hal ini menjawab rumor yang beredar sebelumnya bahwa pilkada akan diboikot,” ucapnya.
Dirinya berharap agar pengalaman buruk akibat konflik yang terjadi pada Pilkada Tahun 2013 di Sumba Barat Daya, tidak terulang kembali di tahun 2018 mendatang.
“Harapan partai PBB adalah agar pelaksanaan pilkada nanti bisa bejalan sesuai dengan asa Luber dan Jurdil. Dan yang kedua, agar tidak terulang lagi kejadian seperti di tahun 2013 yang sampai memakan korban jiwa karena kepentingan elit politik,” tuturnya.
Perihal kompetisi dalam Pilkada Sumba Barat Daya mendatang, Oktavianus menjelaskan bahwa DPC PBB akan kembali membuka pendaftaran bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Sumba Barat Daya, karena menurutnya hingga saat ini DPC PBB belum mendapatkan paslon yang siap untuk diusung.
“Sesuai arahan DPP dan DPW, kami akan membuka lagi pendaftaran paling lambat pada akhir Oktober ini. Kami akan mengusung paket yang mempunyai visi dan misi yang sama untuk kesejahteraan rakyat banyak,” pungkasnya.
Berdasarkan pantauan, kegiatan launching diawali dengan pawai kendaraan yang diikuti oleh perwakilan partai politik serta masyarakat, kemudian diresmikan dengan pemukulan gong oleh Ketua KPUD Sumba Barat Daya, Mikael Bulu. Setelah kegiatan peresmian, dilanjutkan dengan acara hiburan musik untuk masyarakat yang dimeriahkan oleh penyanyi The Voice Indonesia, Mario G. Klau (RP)

BELUM ADA KOMENTAR

Berikan Komentar Anda