Usulkan KKN Tematik, Bawaslu Sulbar Libatkan Mahasiswa Sebagai Pengawas Partisipatif Pemilu

Usulkan KKN Tematik, Bawaslu Sulbar Libatkan Mahasiswa Sebagai Pengawas Partisipatif Pemilu

173
0
BAGIKAN

Gerak-an.com, Mamuju. Pasca diterbitkannya UU No 7 tahun 2017 sebagai peraturan baru tentang Pemilu, menjadikan Bawaslu memiliki wewenang dan tugas yang cukup luas dalam menjalankan tupoksinya sebagai lembaga resmi penyelenggara dalam hal pengawasan Pemilu. Hal tersebut tidak menyurutkan Bawaslu Prov. Sulbar dalam melakukan inovasi baru untuk menyiasati pengawasan demi menghasilkan pemilu yang berkualitas dan berintegritas.

“Pelaksanaan pemilu kedepan diharapkan agar peran kampus dapat berpartisipasi untuk mewarnai pegelaran pesta demokrasi tersebut, karena apabila kita lihat sejarah reformasi, ide-ide untuk membangun¬† pemilu yang berkualitas berasal dari kalangan kampus”, ungkap Sulfan Sulo saat memberikan sambutan pada acara Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif yang diselenggarakan Bawaslu Sulbar di Hotel D’Maleo (16 Des 2017).

Dirinya menambahkan bahwa Semangat sosial kontrol dari kampus akan sangat membantu menghasilkan pemilu yang berkualitas dan berintegritas, kedepan peran-peran ini akan semakin kita aktualisasikan, kita punya gagasan untuk melibatkan adik-adik mahasiswa supaya Pemilu ini semakin dekat dengan kampus dan Insyaalloh program ini baru lahir di Sulbar saja.

Dr. Rahmat Sanusi saat menyampaikan materi dalam acar tersebut mengusulkan bahwa keterlibatan Mahasiswa dalam pengawas partisipatif pemilu dapat dikemas dalam bentuk KKN Tematik.

“Berkaitan dengan peran Perguruan Tinggi dalam hal pengawasan partisipatisif Pemilu 2019, pada pelaksanaannya bisa dikemas dalam bentuk KKN Tematik bagi mahasiswa khususnya dari Fakultas Ilmu Sosial dan Politik dan Fakultas Hukum, sehingga akan banyak sekali yang menjadi output dalam kegiatan KKN tersebut, selain kita bisa langsung terjun sebagai pengawas pelaksanaan Pemilu, disisi lain mahasiswa telah menyelesaikan beberapa SKS dalam KKN tersebut” ungkap pemateri yang juga merupakan Dosen Fisip Unhas tersebut.

 

 

 

BAGIKAN

BELUM ADA KOMENTAR

Berikan Komentar Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.