Deklarasi di SBD, Ini Kriteria Pemimpin Menurut Viktor Laiskodat

Deklarasi di SBD, Ini Kriteria Pemimpin Menurut Viktor Laiskodat

161
0
BAGIKAN

Gerak-an.com, Sumba Barat Daya – Viktor Bungtilu Laiskodat dan Josef A. Nae Soi yang menamakan diri Paket Victory – Joss, menyelenggarakan deklarasi sebagai bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi NTT di Lapangan Galatama, Kabupaten Sumba Barat Daya pada Jumat siang (5/1/2018).

Deklarasi yang dihadiri oleh puluhan ribu massa tersebut disatukan dengan deklarasi Markus Dairo Talu dan Gerson Tanggu Dendo sebagai bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Sumba Barat Daya pada Pilkada 2018, yang menamakan diri Paket MDT – GTD. Dalam acara deklarasi itu, Viktor Laiskodat menyampaikan beberapa kriteria seorang pemimpin yang menurutnya baik.

Puluhan ribu massa menghadiri Deklarasi Paket Victory – Joss dan MDT – GTD di Lapangan Galatama, Kabupaten Sumba Barat Daya

Kriteria pertama yaitu pemimpin harus tangguh seperti kuda yang siap dipacu kapanpun. Menurutnya sosok orang yang patut untuk memimpin NTT adalah orang yang harus memiliki kekuatan fisik dan semangat yang luar biasa.

“Jadi pemimpin itu harus seperti kuda, tidak boleh capek. Jangan lemas – lemas kalau pimpin NTT,” ucap Viktor.

Kriteria kedua menurut Viktor adalah bahwa pemimpin harus memiliki hati melayani dan cinta kepada rakyatnya. Bentuk kecintaan tersebut ia analogikan seperti kecintaan seorang ibu kepada anaknya. Yang ketiga, pemimpin menurutnya harus seperti seorang guru yang mau mengajar rakyat untuk menjadi pintar tanpa membeda – bedakan rakyatnya.

“Jadi kita harus memilih pemimpin yang kuat seperti kuda, mencintai seperti ibu dan mengajar seperti guru. Kita butuh pemimpin seperti itu di Sumba Barat Daya dan NTT,” ujar Viktor.

Dirinya mengatakan, bahwa masyarakat dapat menilai bahwa kriteria – kriteria yang telah ia ucapkan, terlihat dalam kepemimpinan Markus Dairo Talu yang merupakan calon bupati petahana Sumba Barat Daya.

Viktor juga menjelaskan kondisi masyarakat NTT saat ini. Mayoritas masyarakat NTT menurutnya masih hidup dalam kegelapan, baik kegelapan karena belum adanya listrik maupun kegelapan perkembangan informasi. Dirinya berencana apabila terpilih dalam 5 tahun ke depan seluruh masyarakat NTT harus sudah memiliki listrik di setiap rumah tangga.

“Kalau punya listrik kita bisa siapkan perangkat teknologi informasi agar mereka dapat paham tentang kebangkitan dunia luar sehingga nantinya dapat merangsang mereka untuk bangkit menjadi pemimpin hebat untuk membangun NTT,” jelasnya.

Viktor Laiskodat saat menyampaikan orasi di hadapan massa pendukung

Menurut Viktor, banyak penilaian rendah yang terhadap kondisi wilayah dan masyarakat NTT, namun hal tersebut harus dijadikan pembangkit semangat untuk bangkit menjadi lebih baik.

“Banyak pihak yang mengejek daerah ini sebagai daerah yang tertinggal. Bahkan ada menteri juga yang meragukan kualitas kecerdasan di Provinsi NTT. Maka dari itu kita harus sadar untuk bangkit secara kolektif dari keterpurukan, kebodohan dan kemiskinan untuk masa depan yang lebih baik,” tegasnya.

Dalam kegiatan deklarasi tersebut, dilakukan penyerahan SK dukungan Partai Nasdem, Golkar dan PKS kepada paket MDT – GTD untuk Pilkada Sumba Barat Daya. Sementara di tingkat Provinsi NTT, Paket Victory- Joss pada deklarasi sebelumnya telah mengantongi dukungan dari Partai Nasdem, Golkar, Hanura dan PPP. (RP)

BELUM ADA KOMENTAR

Berikan Komentar Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.