Polres Solsel Amankan Tiga Pelaku Penyalahgunaan Narkotika Jenis Ganja

Polres Solsel Amankan Tiga Pelaku Penyalahgunaan Narkotika Jenis Ganja

165
0
BAGIKAN

Gerak-an.com, Solok Selatan – Sebanyak tiga orang tersangka penyalahgunaan narkotika jenis ganja, masing-masing berinisial FW, YN dan IW berhasil diamankan oleh Kepolisian Resort (Polres) Solok Selatan (Solsel), Sumatera Barat, selasa (23/1)

“Tersangka FW ditangkap di Jorong Rawang, sedangkan YN dan IW ditangkap di tepi Lereng Bukit Jorong Kampuang Palak, kedua TKP berlokasi di Nagari Pasir Talang Selatan Kecamatan Sungai Pagu,” kata Kasat Narkoba Polres Solsel, AKP Musanif, S.H., saat konferensi pers dengan awak media di Mapolres Solsel, rabu (31/1).

Penangkapan berawal dari keluhan masyarakat bahwa di daerah Kecamatan Sungai Pagu dan Koto Parik Gadang Diateh (KPGD) sering terjadi transaksi narkoba secara terang-terangan.

“Kemudian kami melakukan penyelidikan dan penangkapan sehingga pada selasa, (23/1), sekira pukul 14.00 WIB dilakukan penangkapan terhadap FW di Jorong Rawang, Nagari Pasir Talang Selatan,” jelasnya.

Setelah itu dilakukan pengembangan atas pengakuan FW yang membeli ganja dari temannya yaitu YN dan IW seharga 150.000 setiap paketnya. Kemudian dilanjutkan penangkapan YN dan IW pukul 14.30 WIB di tepi Lereng Bukit Jorong Kampuang Palak, Nagari Pasir Talang Selatan, Kecamatan Sungai Pagu.

“Tersangka YN sempat berusaha melarikan diri ke arah puncak bukit sehingga dilakukan tindakan tegas oleh petugas”.

Dua diantaranya yaitu YN dan IW juga merupakan jaringan pemasok dan pengedar terbesar narkotika jenis ganja untuk Solok Selatan.

“Hal itu didukung dengan BB yang ditemukan pada diri tersangka YN yaitu slip setoran ATM Bank BRI Rp. 14.800.000,” katanya.

Selain itu, barang bukti yang berhasil diamankan yaitu 1 paket sedang narkotika jenis ganja dibungkus dengan kertas pembungkus nasi, 1 bungkus rokok, 2 lembar kertas papir warna putih, 1 unit handphone, uang Rp150.000, 5 linting rokok dan 2 unit sepeda motor tanpa nomor polisi.

Wakapolres Solsel Kompol Warman menambahkan, tersangka mengaku paling sedikitnya seberat 5 Kg ganja setiap minggunya dipasok untuk Kabupaten Solok Selatan.

“Kedua tersangka YN dan IW juga merupakan jaringan pemasok dan pengedar terbesar narkotika jenis ganja untuk Kab. Solok Selatan. Mereka paling sedikit mengambil 5 kg ganja setiap minggunya yang diperolehnya dari bandar di Singkarak Kabupaten Solok,” ungkapnya.

Kedua tersangka itu merupakan Daftar Pencarian Orang (DPO) dan Target Operasi (TO) Sat Res Narkoba Solsel sejak tahun 2016 dan telah beberapa kali dilakukan penangkapan namun berhasil melarikan diri.

Polres Solok Selatan terus berkomitmen untuk menindak tegas kepada para pelaku penyalahgunaan narkoba di wilayah hukumnya.

“Kami akan menindak tegas dan tidak pandang bulu terhadap siapapun pelaku penyalahgunaan narkoba. Selain itu penyuluhan bahaya narkoba kepada masyarakat, pelajar dan instansi pemerintah akan terus dilakukan dalam upaya pencegahan dan meminimalisir semakin meluasnya pemakaian dan peredaran narkoba di Solok Selatan,” tegas Wakapolres. (RH)

BAGIKAN

BELUM ADA KOMENTAR

Berikan Komentar Anda