Pendaftaran Calon PPS Solok Selatan Terkendala Daerah Sulit

Pendaftaran Calon PPS Solok Selatan Terkendala Daerah Sulit

170
0
BAGIKAN

Gerak-an.com, Solok Selatan –Menjelang ditutupnya pendaftaran calon anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Solok Selatan (Solsel), Sumatera Barat tanggal 21 Februari 2018 esok, belum semua masyarakat di setiap Nagari di Solsel mendaftar menjadi calon anggota PPS KPU Solsel, terutama masyarakat di tiga Kenagarian Lubuk Ulang Aling, yaitu Nagari Lubuk Ulang Aling, Lubuk Ulang Aling Tengah dan Lubuk Ulang Aling Selatan, Kecamatan Sangir Batang Hari. Pasalnya tiga Kenagarian tersebut termasuk daerah dengan akses infrastruktur yang sulit menuju pusat kota kabupaten.

“Baru Nagari Ulang Aling Tengah yang mendaftar sebanyak enam orang sampai dengan siang hari tadi. Di daerah sulit dan perairan masyarakat enggan menjadi penyelenggara pemilu,” kata Ketua KPU Solok Selatan, Mulyadi, di Kantor KPU Solsel, (20/2).

Setiap Nagari nantinya akan dipilih tiga orang yang lulus menjadi anggota PPS. Namun, sampai saat ini belum seluruh masyarakat dari setiap Nagari datang untuk mendaftar.

“Selain di Kenagarian Lubuk Ulang Aling, masih ada juga Nagari lain yang belum mendaftar yakni Nagari Talao di Kecamatan Sangir Balai Janggo yang juga daerah dengan akses infrastruktur yang sulit dan Nagari Lubuk Gadang Selatan,” katanya.

Pihaknya terus berkoordinasi dengan pihak Nagari dan Kecamatan serta berkordinasi dengan pihak-pihak yang dipercaya dalam mensosialisasikan pengumuman pendaftaran PPS tersebut.

“Apabila sampai dengan besok belum juga terpenuhi kuota formasi setiap nagari, pendaftaran akan diperpanjang dua sampai tiga hari dan akan dilakukan jemput bola ke daerah tersebut,” ungkapnya.

Sementara, dari pantauan gerak-an.com di Kantor KPU Solok Selatan, sekitar pukul 15.30 WIB menjelang ditutupnya pendaftaran pada hari ini (selasa, red) datang tiga orang pendaftar dari masyarakat Nagari Lubuk Ulang Aling untuk mendaftar calon anggota PPS.

Salah seorang pendaftar dari Nagari Lubuk Ulang Aling, Adi, mengungkapkan bahwa dirinya menempuh perjalanan dengan waktu tempuh hampir 8 jam dari tempat tinggalnya menggunakan mobil.

“Kami menempuh perjalanan darat melalui Kabupaten Dharmasraya dan Solok karena apabila harus melewati sungai dan melalui jalan di Solok Selatan saat ini sedang musim hujan dan terlalu beresiko karena jalan yang rusak masih jalan tanah. Sedangkan untuk sepeda motor saja sulit lewat”, cetusnya.

Ia mengaku tidak mengetahui adanya pengumuman pedaftaran calon anggota PPS tersebut dan baru mengetahuinya sekitar dua hari yang lalu dari temannya.

“Tidak ada sama sekali informasi pengumuman pendaftaran PPS ini di daerah kami. Sebelumya, saat pendaftaran PPK saya juga sama sekali tidak tahu menahu informasi tersebut sehingga kami terlewat dan tidak mendaftar seleksi anggota PPK itu,” sesalnya. (RH)

BAGIKAN

BELUM ADA KOMENTAR

Berikan Komentar Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.