Sulitnya Mencari Pemimpin yang Memiliki Otoritas pada Konstitusional

Sulitnya Mencari Pemimpin yang Memiliki Otoritas pada Konstitusional

111
0
BAGIKAN

Gerak-an.com, Jakarta, Indonesia adalah salah satu negara yang berpenduduk besar, dengan mayoritas Islam. Tidak bisa menampik bahwa kemerdekaan Indonesia adalah juga peran dari para Ulama yang juga merumuskan pondasi Bangsa ini supaya dapat berkehidupan yang rukun sesama anak Bangsa, meskipun berbeda kepercayaan. Islam adalah agama yang toleran.

Pada acara Indonesia Leader Forum 2018 yang mengusung tema “Sejarah Pergerakan Islam dan Masa Depan Bangsa”, turut dihadiri Anies Baswedan selaku Narasumber.

Anies Baswedan menyampaikan bahwa semangat Nasionalisme pada masa perjuangan adalah semangat perjuangan Umat Islam, dimana juga sebagai mayoritas di Indonesia. Namun, pada tahap implementasinya saat ini justru Umat Islam mendapatkan pendeskriditan dalam keadilan hukum, dengan berbagai tindakan kriminalisasi.

“Menanggapi dinamika permasalahan kepemimpinan, pada faktanya Indonesia sudah banyak memiliki pemimpin. Namun, jarang sekali ditemukan pemimpin yang memiliki otorisasi penuh atas kepemimpinannya. Otorisasi terhadap konstitusional. Dengan kata lain, masih banyak pemimpin yang dimanfaatkan oleh pihak lain. Mengingat, sistem politik di Indonesia adalah Politik Transaksional.” Tegas Gubernur DKI Jakarta 2017-2022 pada ILF 2018 di Gedung Bidakara, Jakarta. (26/4).

Sebagai penutup, Mantan Menteri Pendidikan RI ini memberikan kata-kata bijak, bahwa yang terpenting Umat Islam harus membuat sejarah baru, bukan hanya melestarikan sejarah yang sudah ada.

[amr]

BELUM ADA KOMENTAR

Berikan Komentar Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.