PERSIAPAN DINAS PARIWISATA DAN KEBUDAYAAN DALAM MENGHADAPI IDUL FITRI

PERSIAPAN DINAS PARIWISATA DAN KEBUDAYAAN DALAM MENGHADAPI IDUL FITRI

58
0
BAGIKAN
Salah satu Objek Vital Provinsi Sumatera Barat yaitu Pantai Air Manis

Gerak-an.com, Padang, Kepala Bidang Destinasi Dinas Pariwisata kota Padang, Wilman mengatakan, Objek wisata kota Padang itu saat ini lebih difokuskan kepada wilayah Pantai. Mau Pantai Padang maupun pantai Air Manis. Koordinasi dengan semua SKPD terkait yg akan bertugas saat lebaran seperti, satpol, dishub, kesehatan, BPBD, dinas pariwisata, dan kecamatan padang barat, padang selatan dan bungus. Masing-masing skpd tersebut akan menurunkan personilnya selama libur lebaran di pantai padang, aie manih, bungus.

Melakukan pembersihan dan pembenahan di objek wisata dan memasang baliho himbauan seperti jangan buang sampah dan jangan pungli serta daftar harga makanan di aie manih.

selain itu Ia mengatakan, Lokasi objek wisata pemda di aie manih akan bebas pembayaran parkir. Sosialisasi dgn tim saber pungli agar tidak ada lagi kegiatan pungli di objek wisata.

Pada tanggal 3 Juni 2018 yang lalu, Dinas Pariwisata dan beberapa instant terkait melakukan sosialisasi bebas pungli di Pantai Air Manis.

Pada hari lebaran tahun ini seluruh karyawan dinas pariwisata piket turun kelapangan di berbagai objek wisata, mengawasi agar tidak ada lagi pungutan liar, untuk di pantai Air manis sudah dibuat portal agar mobil tidak masuk ke pantai sekitar 55 pegawai dinas pariwisata kot Padang yang ikut turun.

Masuk gerbang pantai air manis dengan memberikan karcis/tiket merupakan bentuk kenyamanan warga yang dibuat oleh dinas pariwisata. Karcis tersebut sebagai Asuransi. bekerjasama dengan tim kebersihan sampah, Wisata memiliki 70 orang tim kebersihan sampah Dari pantai Padang sampai pantai Air manis.

Dinas Pariwisata memiliki 1 unit bus pariwisata gratis, setiap hari libur dan hari raya pergi ke objek wisata dengan bus pariwisata akan gratis. Bus pariwisata akan beroperasi dengan 5 kali perjalanan, dimana 1 kali perjalanan akan melalui 5 kali pemberhentian dengan titik awal di pantai padang dan titik akhir di pantai air manis. Wisatawan kota padang lebih banyak wisatawan local, namun untuk pendpatan daerah itu ada pasar Domestik. Dinas Pariwisata mempunyai target 2.4 Milyar wisatawan dalam setahun.

Antisipasi pungutan liar dengan menutup portal dan polisi standby di dalam pantai serta kendaraan tidak masuk kedalam pantai, serta tercantum nomor pelaporan aksi pungli. Antisipasi penumpukan wisatawan yang membawa kendaraan maka dapat parkir di kantong-kantong parkir yang dimiliki atau disediakan oleh dinas pariwisata di lapangan bola, penertiban dilakukan dengan ada Sound System disekitar agar dapat diberikan himbauan.

Antisipasi lonjakan wisatawan juga sudah berkoordinasi dengan dishub dengan kepolisian untuk mengatur strategi rambu-rambu jalan, rekayasa jalan diatur oleh kepolisian apakah dengan buka-tutup jalan atau seperti apapun itu. Perkiraan lonjakan wisatawan itu terjadi H+2 Lebaran dimana semua instansi harus standby diempat objek wisata. Jika kantong parker sudah penuh maka objek wisata ditutup dulu karena sudah penuh. Tidak ada kenaikan harga dalam mengunjungi objek wisata, Dinas Pariwisata tidak berhak dalam memberikan Diskon harga. Dimana harga masuk pantai seharga 5000,-

Proses pembenahan seperti penambahan ornament ombak dipantai air manis masih dalam proses target selesai sebelum lebaran agar menjadi gaya tarik wisatawan bisa membuat kenangan terlebih dulu. Potensi kelonjakan masyarakat juga ada di Sungai pisa di bungus, dengan jalan yang sudah bagus. Rencana akan dibuatkan Dermaga atas aspirasi dari warga sekitar.

 

[MDT]

BAGIKAN

BELUM ADA KOMENTAR

Berikan Komentar Anda