Lonjakan Penumpang Bandara Internasional Minangkabau

Lonjakan Penumpang Bandara Internasional Minangkabau

68
0
BAGIKAN
Tim Posko Angkutan Lebaran Bandara Internasional Minangkabau

Gerak-an.com, Padang Pariaman – Pada 18 Juni 2018 lonjakan penumpang terbesar terjadi Bandara Internasional Minangkabau (BIM). “Jumlah penumpang pada H+2 semenjak periode Angleb H-8 termasuk yang tertinggi, namun demikian secara angka masih didominasi oleh penumpang yang datang ke Sumbar melalui BIM dimana angkanya mencapai 7.981 penumpang dibandingkan dengan jumlah keberangkatan sebesar 7.187 penumpang” kata Executive General Manager Angkasa Pura II Cabang BIM Dwi Ananda Wicaksana (19/6).

Seperti yang diketahui dari statistik posko Anleb di website Angkasa Pura II, total jumlah penumpang pada H+2 lebaran mencapai 15.168 penumpang. Jumlah ini meningkat 16.59% dibandingkan tahun 2017.

“Karena tipikal mudik di Sumbar cukup panjang dan tidak persis seperti pada periode Angleb Nasional, maka BIM melakukan antisipasi dengan metoda berbasis Flight Schedule. Dimana jika terjadi kondisi peak di kedatangan, maka fokus ekstra diberikan kepada flow kedatangan dan demikian juga sebaliknya saat peak di keberangkatan maka fokus akan ekstra di area pemeriksaan 1, area pemeriksaan 2, dan ruang tunggu. Kesiapan sisi udara tentunya dilakukan secara ketat sesuai SOP yang ada”, lanjutnya.

Untuk mengantisipasi lonjakan ini pihak BIM sudah menambahkan jumlah kursi ruang tunggu yang awalnya berjumlah 836 kursi menjadi 1.200 kursi.

”Kami sudah mengantisipasi lonjakan penumpang dengan menyiapkan ruang tunggu tambahan di ruang tunggu internasional dan di lantai tiga, menambah jumlah kursi tunggu, dan memaksimalkan fungsi trolley” tambah tambah Asisten Manajer Airside Operation Sarno Nano (19/6).

Sampai saat ini lonjakan penumpang masih didalam perkiraan dengan kisaran sebesar 12-20%. Lonjakan masih bisa dapat diatasi dan pihak bandara akan memberikan pelayanan semaksimal mungkin untuk menjamin kenyamanan dan keamanan penumpang selama mudik lebaran tahun ini.

BAGIKAN

BELUM ADA KOMENTAR

Berikan Komentar Anda