Gelar Kegiatan Masa Perkenalan, Ketua GMKI SBD Nilai Minat Berorganisasi Mahasiswa Masih...

Gelar Kegiatan Masa Perkenalan, Ketua GMKI SBD Nilai Minat Berorganisasi Mahasiswa Masih Rendah

79
0
BAGIKAN

Gerak-an.com, Sumba Barat Daya – Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) Cabang Tambolaka menggelar pembukaan kegiatan Masa Perkenalan (Maper) bagi anggota baru di Gereja GKS Tambolaka pada Jumat sore (31/8/2018).

Kegiatan ini dihadiri oleh para senior GMKI serta anggota baru GMKI dengan jumlah sekitar 30 orang. Selain itu juga tampak perwakilan pengurus dari organisasi mahasiswa lainnya seperti Ketua GMNI Cabang Tambolaka, dan Ketua PMKRI Cabang Tambolaka.

Kegiatan Maper GMKI Tahun 2018 ini mengusung tema “Berdamailah Dengan Semua Ciptaan” dengan Sub Tema “Membudayakan Hidup Damai dan Adil Dalam Membangun Relasi Dengan Semua Ciptaan Sebagai Wujud Persaudaraan di Negara Pancasila.”

Dalam sambutannya Ketua GMKI Cabang Tambolaka Isak Carles Umbu Mimira mengatakan dalam proses berorganisasi banyak manfaat yang dapat diperoleh oleh mahasiswa.

“GMKI siap menjadi wadah, siap menjadi tempat menampung segala asa dan harapan kita serta mewujudkan apa yang kita cita-citakan baik secara pribadi, maupun secara organisasi ditengah masyarakat, Perguruan Tinggi dan Gereja,” ucapnya.

Isak berpesan kepada para anggota baru tentang 3 kunci untuk meraih kesuksesan. Yang pertama adalah ketulusan, kemudian adanya kesetiaan dan yang terakhir adalah rendah hati.

‚ÄúDalam proses ini kita akan melalui segala bentuk pengkaderan yaitu manusia yang tinggi iman, tinggi ilmu dan tinggi pengabdian,” tuturnya.

Lebih lanjut Isak juga menyoroti mengenai situasi pergerakan kemahasiswaan di Sumba Barat Daya yang dinilainya masih kurang aktif. Hal ini dikarenakan rendahnya motivasi para mahasiswa untuk berorganisasi.

“Sebenarnya mereka memiliki kemauan, hanya saja mereka masih merasa nyaman dengan situasi yang ada saat ini karena disebabkan faktor mereka masih merupakan penduduk lokal sehingga ketika menemui permasalahan mereka cenderung kembali kepada keluarga, bukannya berdiskusi dengan sesama mahasiswa untuk mencari solusi,” terangnya.

Selain faktor motivasi, Isak menilai dinamika organisasi mahasiswa yang ada di Sumba Barat Daya juga masih sangat lemah sehingga imbasnya kembali kepada tidak munculnya motivasi untuk bersaing diantara para mahasiswa. Untuk itu ia mengharapkan organisasi yang ada di Sumba Barat Daya seperti GMNI, PMKRI dan GMKI sendiri untuk dapat membangun suatu proses dinamika organisasi sehingga dapat memotivasi para mahasiswa.

Pembukaan kegiatan Maper ini diresmikan oleh salah satu senior GMKI yang juga merupakan Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Lodowaik L Raya.

Menurut Lodowaik, tujuan awal terbentuknya GMKI pada masa lalu yaitu untuk mendorong persekutuan beriman, untuk memuji dan memuliakan Tuhan. Namun lambat laun GMKI berubah menjadi organisasi kader. Adanya faktor penjajahan dari bangsa lain saat itu memunculkan rasa keterpanggilan dari orang – orang Kristen untuk ikut berjuang dan mengabdi secara sosial.

Lodowaik menyoroti bahwa perjuangan pemuda tidak habis begitu saja begitu Indonesia meraih kemerdekaannya. Perjuangan tersebut tetap diperlukan namun dengan bentuk yang berbeda.

“Di masa lalu perjuangan anak – anak muda melawan belenggu penjajahan secara fisik. Hari ini kita tidak berhadapan dengan bangsa lain secara fisik melainkan perang tanpa fisik, dalam istilah militer ini adalah proxy war,” ujarnya.

Dirinya menilai realita kebangsaan saat ini yaitu dengan lahirnya kekuatan – kekuatan radikalisme maka akan meluluhlantakkan kebangsaan dan keimanan masyarakat.

“Jadi sekarang bangsa Indonesia tidak berhadapan lagi dengan bangsa lain, melainkan bangsa lain yang membuat kita sesama bangsa Indonesia menjadi saling konflik. Saya yakin dari bangsa kita sendiri tidak ada niat untuk memunculkan radikalisme,” ucapnya.

Kegiatan Maper GMKI ini diselenggarakan selama 3 hari yaitu dari 31 Agustus hingga 2 September 2018. Selama 3 hari tersebut para anggota baru akan mendapatkan materi mengenai Sejarah GMKI, Visi dan Misi GMKI, Nilai РNilai Organisasi, Kegiatan organisasi, Public Speaking dan Cara Berpikir Kritis. (RP)

BAGIKAN

BELUM ADA KOMENTAR

Berikan Komentar Anda